Sabtu, 15 Mei 2010

Legion

Pertempuran Malaikat Melawan Manusia


Rusaknya peradaban manusia telah membuat Tuhan kecewa. Tuhan lantas memerintahkan Gabriel (Kevin Durand) untuk turun ke bumi memusnahkan seluruh umat manusia supaya bumi bisa diselamatkan dari dosa. Sebuah kehidupan baru akan menggantikan kehidupan lama yang dinilai sudah parah.

Namun, ada satu malaikat yang tak sependapat dengan Tuhan. Michael (Paul Bettany) menganggap umat manusia masih memiliki harapan. Michael pun turun ke bumi, bukan untuk mengemban tugas dari Tuhan tersebut. Melainkan untuk mencegah kemusnahan. Tidak tanggung-tanggung, Michael memotong sayapnya sehingga manusia biasa.

Harapan Michael adalah menyelamatkan Charlie (Adrianne Palicki), seorang wanita muda yang tengah mengandung anak dari pacarnya yang tidak bertanggung jawab. Konon, bayi yang dikandung Charlie nantinya akan menjadi penyelamat umat manusia.

Sementara di perbatasan New Mexico terjadi satu fenomena alam aneh, sekumpulan lalat dalam jumlah besar terbang menyerupai badai gurun. Tidak jauh dari situ, berdiri sebuah restoran milik Bob Hanson (Dennis Quaid), di mana Charlie juga tinggal di situ. Anak Bob Hanson yang bernama Jeep (Lucas Black) adalah seorang lelaki yang cinta pada Charlie dan ingin mengasuh serta membesarkan anak yang dikandung Charlie.

Kehidupan Charlie, Jeep, dan keluarganya tiba-tiba berubah saat datang seorang nenek ke restoran mereka. Ia memesan steak dan tiba-tiba berubah menjadi monster penghisap darah dan menyerang para pengunjung. Beruntung saja, Kyle (Tyrese Gibson) berhasil menembak sang nenek hingga mati. Mereka semua menjadi bingung dan ketakutan hingga kemudian datang Michael ke tempat itu.

Dari Michael, mereka mendapat penjelasan mengenai pasukan malaikat (legion) yang akan memusnahkan manusia. Yang bisa menyelamatkan mereka adalah bayi yang sedang dikandung Charlie. Jika bayi tersebut berhasil dilahirkan, maka umat manusia akan selamat dari kemusnahan.

"Terakhir kali Tuhan kehilangan kepercayaan terhadap umat manusia, Ia mengirimkan banjir. Kali ini, Ia mengutus malaikat untuk memusnahkan umat manusia," kata Michael.

Maka, mereka bersama seorang 'mantan malaikat' berusaha mati-matian melindungi Charlie. Di sinilah adegan pertempuran seru antara malaikat dan manusia terjadi.

Apa yang disuguhkan sang sutradara Scott Stewart di film ini sangat menarik dari segi efek visual. Sebelumnya, Scott pernah menggarap visual efek beberapa film di antaranya, 'Pirates of the Caribbean: At World's End', 'Harry Potter and the Goblet of Fire', 'Night at the Museum' dan 'Iron Man'. Jadi tidak heran jika 'Legion' menyuguhkan visual yang mencengangkan.

Mengenai isi cerita, Scott Stewart dan Peter Schink yang menjadi penulis skenario tampak mencampuradukkan isi Alkitab dengan imajinasinya, sehingga menghasilkan cerita yang bisa menyesatkan pemirsa. Jika diperhatikan seksama, ide ceritanya tak jauh beda dengan film 'Terminator', hanya saja 'Legion' ber-setting lain dan bersifat religius.

Dalam Alkitab, nama 'Legion' dapat kita temui ketika Yesus mengusir roh jahat yang merasuki seseorang di Gerasa (Markus 5:9; Lukas 8:30). Dinamai legion karena jumlah yang merasukinya banyak. Arti kata 'legion' sama dengan satu divisi dari tentara Roma yang jumlahnya sekitar 6.000 orang.

Sementara Gabriel dan Michael adalah nama-nama malaikat utama. Alkitab mencatat Gabriel menampakkan diri kepada Daniel (Daniel 8:16). Ia juga diutus kepada Zakharia dan Maria (Lukas 1:19, 26). Sedangkan Michael disebut sebagai penghulu malaikat (Yudas 1:9), dan dalam penglihatan Rasul Yohanes di Wahyu 12:7 ditulis Michael berperang melawan naga.

Film ini sebenarnya tidak direkomendasikan untuk ditonton, selain ceritanya yang menyesatkan, juga karena sarat adegan kekerasan. Namun jika tetap ingin menontonnya juga, satu pesan penting, ingatlah bahwa ini adalah film fiksi. Meskipun di dalamnya ada kutipan ayat Alkitab yang muncul, bukan berarti film ini dibuat berdasarkan kebenaran Firman Tuhan. Apa yang diungkapkan dalam film ini adalah hasil imajinasi pembuat film, sekedar mencomot ayat untuk mendukung isi cerita yang hanya karangan belaka.

Sumber : http://www.terangdunia.com/index.php?option=com_content&view=article&id=375:legion-pertempuran-malaikat-melawan-manusia&catid=53:film&Itemid=82

Tidak ada komentar:

Posting Komentar